Feeds:
Pos
Komentar

Archive for November, 2007

maafkan aku…

Hari ini ada yang mengusik hati aku

dia mengusik jiwa hati aku yang sedang tenang

mengapa semua ini terjadi sama aku?

kenapa…?

Kenapa…?

Mungkin takdir inilah yang harus aku jalani

mengapa kamu selalu menghindari aku?

apa aku punya salah yang tak termaafkan oleh kamu?

aku ingin seperti dulu lagi..tanpa ada dusta diantara kita

tidak ada ketegangan dan kekakuan diantara kita

maafkan bila kehadiran aku membuat kamu tidak nyaman

hari demi hari aku jalani tanpa kamu……

aku hanya terdiam seribu bahasa hanya untuk kamu

apa kamu sudah lupa apa yang kita pernah lakukan??

aku hanya berharap bisa ketemu kamu walaupun cuma sesaat…..

apa aku salah jika aku menyukai kamu….?

apa aku salah jika aku sayang kamu……?

apa aku salah  jika aku mencintai kamu…..?

Maafkan aku bila perasaan aku membuat kamu menghindar dari aku…

Maafkan jika aku belum bisa melupakan kamu……

Maafkan aku………..

shermanlove 

Read Full Post »

BUAT PRIA JATUH CINTA PADA DIRIMU

Tak perlu punya body bak Cindy Crawford dan dandan abis untuk bikin cowo’ jatuh hati. soalnya, cewek ‘biasa’ pun bisa menarik perhatiannya. Check it dan praktekkan segera !

bohong besar kalo’ cowok ga’ bakalan noleh saat ngeliat cewek pakai baju super transparan. Tapi, ini bukan berarti mereka langsung tertarik pada yang tampak dimata ! Catat : Kecantikan dan bentuk tubuh bukan jaminan cowok bakalan jatuh cinta kekamu ! So’ sebenarnya apa sich yang ada dalam pikiran cowok tentang cewek ? Cowo’ hanya tertarik pada cewe’ yang benar-benar ‘asyik’ cowo’ seneng ama cewe’ yang bisa bergaul dengan temen-temen cowo’nya. dia ga’ harus cantik, tapi tahu penampilan proporsional. Kedengarannya memang gampang, tapi ternyata cowo’ masih mematok beberapa ‘ketentuan’ lain yang perlu dipenuhi. Kamu mo’ tau banyak bagaimana type cewe’ idaman para cowo’ ? Bonne Chance, Chere Amies ( Met’ berjuang frenz ! )

Bisa dideketin

Saat cowo’ datang ke sebuah pesta atau cafe, biasanya mereka langsung melakukan ‘scanning’. Mengamati keadaan sekitar, terutama cewe’ yang ada disana. Mmereka senang melihat cewe’ yang banyak senyum, tertawa lepas dan menikmati suasana. Semakin kamu terlihat santai, cowo’ makin ngerasa ‘comfy’ mengajak ngobrol. Sebaliknya cowo’ bakalan malas menghampiri cewe’ yang menggerombol dan bikin kelompok tersendiri.

Tips buat kamu ;

Saat berkumpul bersama gank di sebuah restoran atau cafe, perhatikan suasana keliling. Jangan terlihat terlalu tertutup dan sukar didekati. Ingat pengakuan cowo’ yang ini : Mereka senang jika ada cewe’ yang ngajak kenalan. Buka percakapan dengan topik ringan. Tanyakan dengan gaya yang wajar, asal tau saja, cowo’ juga senang menambah teman.

Jangan Terlalu Mengekang

Cowo’ memang selalu punya kesan cuek ! dan tak peduli lingkungan. Ambil aja contoh : cowo’ terkenal tukang kentut sembarangan. Memori mereka juga tak mampu mengingat hari ulang tahun atau tanggal jadian. Belum lagi terkadang mereka kurang sensitif. Meski begitu, dia berharap kamu bisa memakluminya.

Tips buat kamu ;

Ternyata jadi cewek pemaaf itu perlu ! Soalnya cowo’ memang ditakdirkan jadi mahluk bebas. Jadi, ada baiknya kamu terlalu mengekang dan membatasi gerak dan kebiasaan mereka. Asal, ingat-ingat saja, jangan sampai kelewat batas.

Jangan dandan berlebihan

Secara blak-blakan, cowo’ ngaku, hal pertama yang mereka lakukan saat ngajak cewe’ kenalan adalah mengamati tingkah laku dan penampilannya. Cowo’ paling ga’ seneng saat kencan dengan cewek’ yang setiap sepuluh menit memeriksa make-up nya. Jika seorang cewe’ ngerasa nyaman tanpa make-up berlebihan, artinya ia merasa bahagia dengan dirinya sendiri.

Tips buat kamu ;

Kamu emank berhak tampil cantik dan menarik. Tapi tak perlu berlebihan bukan ? Sesekali, coba bersikap cuek dan tak panik saat riasan memudar. Jangan buat cowo’ menganggap wanita hanya peduli soal penampilan saja. Bagi mereka cewe’ berpenampilan natural terlihat lebih mudah didekati.

Jangan terlalu menyusahkan

Kalo’ selama ini kamu gemar main tarir-ulur, pertimbangkan lagi masak-masak ! Mempersulit proses perkenalan membuat cowo’ ogah melirik anda. Katanya hal ini menunjukkan kalo’ kamu ga’ berminat diajak berteman. Belum tentu juga cowo’ tersebut suka ama kamu.

Tips buat kamu ;

Dari banyak pengalaman, cowo’ lebih suka ama cewe’ yang gampang diajak kenalan. Kalo’ kamu terlalu menyusahkan, cowo’ bisa lelah meladeni.
Punya Rasa Humor

Selain seneng dengan cewe’ yang dandan sederhana, cowo’ juga seneng ama cewe’ berselera humor tinggi. Alasannya simple aza, kalo’ kamu bisa diajak tertawa besama, berarti kamu mudah didekati. Biasanya saat cowo’ lagi sendiri, ia iseng memperhatikan seorang cewe’ dari penampilannya, dia kelihatan smart, makanya cowo’ tertarik berkenalan. Agar suasana tak kaku biasanya cowo’ suka melemparkan beberapa joke dan apabila si cewe’ bisa menanggapi dgn joke yang lebih lucu, cowo’ akan lebih menikmati obrolan dengan kamu.

Tips buat kamu ;

Mulai sekarang, latih kemampuan anda berhumor. Kalo’ ada ada seorang cowo’ pengolok, jangan langsung cemberut dan diambil hati. Sambut saja dengan bercanda yang sama gilanya ! Satu lagi, kalo’ si dia mengagumi penampilan kamu, jangan tanggapi terlalu serius. Lebih bagus begitu daripada kamu ge-er tak karuan. Tanggapi dengan bercanda juga, si dia justru makin tertaik sama kamu.

Sumber : http://nietnote23.tripod.com/jatuh_cinta.htm

Read Full Post »

cinta monyet

monkeySetiap orang pasti pernah mengalami cinta monyet. Meskipun hanya berupa cinta sesaat, cinta monyet bisa menjadi cinta abadi yang tak terlupakan, atau cinta yang penuh dengan kekecewaan. Tapi yang pasti, cinta monyet menyimpan sejuta kisah lucu antara dua anak manusia yang sedang kasmaran , yang masih malu-malu untuk menuturkan kata hati mereka. Biasanya cinta monyet  berawal dari kita memasuki SLTP bahkan anak SD pun bisa mengalaminya dan ini biasanya kita dari pertemanan yang berlanjut menjadi cinta. Cinta monyet biasanya di alami oleh remaja usia sekolah yang mana tidak tidak direstui oleh orang tua karena masih kecil. Itupun kalo pacaran biasanya sembunyi-sembunyi atau backstreet. biar tidak ketahuan oleh orang tua. biasanya cinta monyet suatu hal wajar yang menyukai lawan jenis . Cinta monyet biasanya tidak dikategorikan suatu hal yang tabu. akan tetapi suatu hal yang pasti dialami oleh setiap orang. bila kita mengingat cinta monyet yang terjadi pada kita kita hanya tersenyum simpul. Pada saat itu dunia hanya milik kita berdua yang lain pada ngontrak…yang sedang kasmaran memadu kasih. Jiwa mudanya akan merasakan cinta monyet itu bergejolak dan menggebu-gebu. dan bila kita diputuskan oleh pasangan kita sangat sakit dan sangat kecewa  sampai tidak makan 3 hari 3 malam. hahaha…. apa lagi kalo pasangan kita menyukai orang lain..Wah dunia ini seperti akan mau kiamat.  Masa remaja adalah masa memilih dan memilih. tapi terkadang kita juga semangat apabila pasangan kita memberikan sesuatu yang spesial. Cinta monyet adalah masa yang indah, cinta monyet juga penuh dengan liku-liku cinta yang penuh cerita. Pengin ingin cinta monyet lagi dech…..hehehe…

shermanlove

Read Full Post »

Menebar sejuta cinta buat dia

Walaupun nggak ngikutin perayaan Valentine, bukan berarti kita nggak bisa berkasih sayang. Banyak cara dan usaha untuk bisa mengungkapkan cinta dan kasih sayang pada siapapun. Tunjukkan bahwa tanpa Valentine kita masih bisa membuktikan rasa cinta kita. Biar sejuta cinta terungkap dan semilyar dendam terpendam kalian perlu menyimak ini, nih .

1. Banyakin senyum
Asahlah kepekaan hati dan jiwa kita, tebarkan senyuman yang kita miliki pada orang-orang di sekitar kita. Asalkan jangan kebanyakan senyum, lho !!! Ntar kamu dikira orang gila !!! Dengan senyum hidup kita akan tenang dan menjadi indah melihat wajah-wajah di sekitar kita ceria dan mereka pun tentu akan bahagia menjalani kehidupannya. Lagipula senyum itu shodaqoh juga, kan. Tul, nggak ?

2. Ungkapin cinta sebagai bukti
Eiit, pernah nggak kamu baca cerita mengenai ungkapan cinta sebagai bukti? Ada suatu cerita, ketika ada seseorang di samping Rasulullah SAW, lalu lewatlah seorang sahabatnya. Kemudian orang di samping Rasulullah berkata, Ya, Rasulullah, aku mencintai dia. Lalu Rasul pun balik bertanya, Sudahkah kamu mengatakannya? Belum !!! jawab orang itu. Ungkapkan padanya, kata Nabi. Lalu orang itu menghampiri sahabatnya. Ya, fulan. Aku mencintaimu karena Allah. Dan sahabatnya menjawab, Semoga Allah mencintaimu karena engkau mencintaiku karena-Nya. Begitulah sobat muda Insan cinta atas nama Allah, maka jawabannya so pasti karena Allah juga. Siap ndak nih kamu mengungkapkan cinta pada sobat tercinta kamu ?

3. Tiada cinta tanpa pengorbanan
Yup, dengan bersahabat apalagi karena cinta memang membutuhkan banyak pengorbanan. Misalnya orang tua kamu mencintai kamu, pasti deh mereka menjagamu terus mengantarmu kemana kamu ingin pergi dan paling penting mereka pasti sangat melindungimu. Meski kadang kala dengan pengorbanan itu tak ada harganya di matamu atau terasa mereka mengekang langkahmu, tapi dengan jujur bertanyalah pada hatimu sendiri apakah kamu mencintai beliau berdua juga.

4. Saling memberi dan berbagi
Nggak hanya mengharapkan orang lain mencintai kita, tapi kita musti mulai mencintai orang lain, agar terjadi keseimbangan. Barangsiapa yang banyak memberi, insya Allah akan banyak menerima. Apalagi udah banyak memberi nggak harap balasan. Bila diibaratkan sebuah mata air yang selalu bergejolak keinginannya untuk melepaskan beribu-ribu kubik air bening selanjutnya menderas mengikuti alur sungai menuju lautan luas, mata air sama sekali tidak pernah mengharapkan ia kembali. Sama pula seperti pancaran sinar cerah matahari di pagi hari, dari dulu sampai sekarang ia terus-menerus memancarkan sinarnya tanpa henti, dan sama pula, matahari tidak mengharap sedikit pun sang cahaya yang telah terpancar kembali pada dirinya.

5. Doa
Nah, untuk yang satu ini jangan lupa mendoakan mereka, orang-orang yang kamu cintai, karena dengan doalah kita bisa merasa dekat dengan Allah serta saudara kita yang lainnya. Doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah doa Robithoh, yaitu : Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan kecintaan hanya kepada-Mu, bertemu untuk taat kepada-Mu, bersatu dalam rangka menyeru di jalan-Mu, dan berjanji setia untuk untuk membela syariat-Mu. Maka kuatkanlah ikatan pertaliannya ya, Allah, abadikanlah kasih sayangnya, tunjukkanlah jalannya dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tidak pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakkal kepada-Mu, hidupkanlah ia dengan marifah-Mu, dan matikanlah ia dalam keadaan syahid di jalan-Mu Amin. Dengan doa diatas insya Allah akan menjamin kehidupan bermasyarakat kita menjadi damai karena semua orang diikatkan hatinya oleh Allah.

Dari uraian di atas, pasti deh kamu tahu cinta yang bermula dari mata lalu jatuh ke dasar hati. Ehm . So, cinta seperti apa sih sih yang kamu bisa ungkapkan, kapan saja dan di mana saja??? Pasti udah tahu jawabannya, kan? Tapi inget, lho !!! Syarat utamanya adalah sesama muslim tanpa didasari nafsu syahwat!!! Gimana dengan kamu ??? [4121X13 +]
sumber : http://www.dudung.net/index.php?naon=depan&action=detail&id=234&cat=2

Read Full Post »

Cinta itu buta?

cinta buta  bukan hanya cinta yang tidak bisa melihat. Akan tetapi cinta yang menganggap seseorang yang disayang lebih dari sempurna sehingga menutupi seluruh kekurangan yang ada pada dirinya. Walaupun dia pernah menyakiti, walaupun dia kaya maupun miskin, jelek maupun cakap.  Kalo sudah cinta apapun akan dilakukan agar ia suka sama kita. Tapi ingat cinta tidak harus dipaksakan atau membuat kita akan jauh darinya.Beda dengan cinta sejati dimana Saat kamu merasakan cinta sejati, kamu menyayangi seseorang apa adanya, memahami kekurangannya dan menutupi kelemahannya sambil melihat sisi terbaiknya. Saat kamu mencintai seseorang begitu dalamnya,
kemungkinan besar kamu akan mencoba memahami kekurangannya.
Di saat itu dimana perasaan bermain didalamnya  apakah kamu mencintainya secara buta atau memang hanya mencintai dia apa adanya?.Saat dia melakukan kesalahan dan kamu memaafkannya, karena namanya manusia memang tak pernah lepas dari kesalahan, apakah itu berarti mencintainya secara buta
atau mencintai apa adanya dan menerima kekurangan dia?.
disaat kamu menganggapnya begitu sempurna dan tidak ada kekurangan
sehingga tak ada yang mampu menggantikan kehadirannya
apakah itu berarti mencintai apa adanya?
atau mencintai secara buta ataupun hanya hawa napsu belaka?.Bagaimana caranya kita bisa mencintai tanpa harus membutakan mata kita. ?.

Apakah cinta buta  selalu harus menerima kekurangan dia dan mencintai dia apa adanya?

shermanlove 

Read Full Post »

7 Rahasia Sukses Jalin Cinta

Menurut seorang psikoterapi asmara, ada 7 rahasia sukses menuju cinta sejati. Ini dia!

1. Cintai Diri Sendiri
Percaya diri sangatlah penting untuk hubungan yang
sehat. Jika Anda benar-benar mencintai diri sendiri,
kalaupun harus menghadapi sakit hati atau lelah Anda
akan merasa percaya diri. Dan saat Anda merasa percaya
diri dan optimis dengan diri sendiri, Anda akan enjoy
bersama pasangan. Anda bersamanya bukan untuk tempat
bergantung melainkan ia benar-benar membuat Anda
merasa lengkap. Semakin kuat Anda sebagai seorang
individual, maka semakin kuat juga hubungan yang Anda
jalani.

2. Cintai Pasangan
Hubungan yang sehat terjalin antara 2 orang yang
sangat menyukai satu sama lain. Akan sangat romantis
membicarakan soal cinta, tapi perlu diingat bahwa
cinta adalah emosional yang datang dan pergi begitu
saja. Jika Anda menyukai satu sama lain, nyaman ketika
bersama, banyak kecocokan dalam berpikir dan
bertingkah laku dan berbagi mimpi yang sama dalam
hidup maka perasaan cinta itu tak akan menjauh.
Kadangkalanya penting untuk mengucapkan kata cinta
pada pasangan. Kata-kata yang hangat dan dukungan
membangun kepercayaan dan rasa menghargai.

3. Ciptakan Waktu yang Berkualitas
Saat pasangan pertama kali bersama, waktu berduaan
jadi prioritas utama. Namun setelah berkeluarga dan
punya anak serta sibuk dengan pekerjaan semua jadi
berbeda. Luangkan sedikit waktu bersama pasangan dan
keluarga. Walau sebentar namun berkualitas. Ingat ini
bisa jadi investasi untuk kebahagiaan Anda di masa
datang.

4. Komunikasi
Komunikasi yang bagus adalah bumbu untuk hubungan
sehat. Berbicara adalah cara yang paling mujarab untuk
mengungkapkan isi hati. Komunikasi yang baik yaitu
belajar terbuka dan jujur. Ucapkan apa yang ada dalam
pikiran dan perasaan Anda. Juga belajar untuk
mendengarkan pasangan tanpa menuduh.

5. Berdebat Sehat
Berdebat boleh saja, tapi harus secara sehat. Pasangan
yang selalu berdebat jangan pernah khawatir karena
selalu tak sepaham. Arguman yang baik adalah
kesempatan untuk berbagi perasaan dan memperkuat
pertahanan dengan mengambil satu keputusan demi
kepentingan bersama.

6. Bersentuhan Setiap Hari
Saling bersentuhan adalah kebutuhan vital insan
manusia. Sebuah studi menunjukan tanpa bersentuhan,
binatang juga manusia akan cepat mati. Sentuhan dapat
memberikan kekuatan untuk membuat seseorang nyaman dan
merasa didukung, untuk melindungi dan banyak lagi.
Setiap pasangan pasti punya masa surut namun kasih
sayang tak akan pernah berubah.

7. Terima perubahan
Orang berubah tiap tahun dan perubahan ini bisa
membuat hubungan terus hidup. Hidup juga berubah dan
kadang tak selalu sesuai dengan keinginan. Perubahan
bisa membuka peruntungan baru tapi juga bisa
menimbulkan rasa sakit. Dalam sebuah hubungan yang
sukses, pasangan belajar untuk beradaptasi dan berubah
bersama. Mereka menerima perubahan dan mendukung satu
sama lain, demi kebaikan atau dalam keburukan.

Semua fakta ini diungkap ahli psikoterapi asmara,
Paula Hall dan dikutip detikhot dari BBC, Senin
(26/11/2007). Menjaga tujuh hal di atas tidak akan
mudah. Namun semakin Anda bisa mengatur hidup ini
bersama makan hubungan juga akan semakin kuat. Selamat
mencoba.
(yla/yla)
sumber: Yulia Dian – detikHot

Read Full Post »

Saat-Saat Jatuh Cinta

Saat-Saat Jatuh Cinta

Pernah jatuh cinta? Bagaimana rasanya? Pasti senang dong ya. Enak aja bawaannya. Hidup berasa nikmat banget. Rasanya nggak mantep kalo nggak cerita kepada teman-teman kalo kita sedang jatuh cinta. Biar teman-teman juga merasakan apa yang sedang kita rasakan. Bila perlu, kita cerita kepada siapa saja tentang orang yang sedang kita cintai meski orang yang kita cintai itu tak tahu bahwa dia sedang kita cintai. Kita begitu percaya diri dan mulai mencari cara untuk mendekatinya. Sobat muda muslim, kenapa kita merasa senang dan bahagia kalo jatuh cinta? Menurut Robert Sternberg, cinta adalah sebuah kisah, kisah yang ditulis oleh setiap orang. Kisah tersebut merefleksikan kepribadian, minat dan perasaan seseorang terhadap suatu hubungan. Ada kisah tentang perang memperebutkan kekuasaan, misteri, permainan dan sebagainya. Kisah pada setiap orang berasal dari “skenario” yang sudah dikenalnya, apakah dari orangtua, pengalaman, cerita dan sebagainya. Kisah ini biasanya mempengaruhi orang bagaimana ia bersikap dan bertindak dalam sebuah hubungan. (http://e-psikologi.com, pada pembahasan tentang “Cinta”) Ketika jatuh cinta, kita tiba-tiba merasakan dorongan ingin bertemu dengan orang yang kita cintai. Dorongan itu bahkan sangat kuat menekan kita manakala ada orang yang membicarakan si dia, atau ada orang yang menyebutkan namanya, lebih lucunya ketika membaca tulisan yang kemudian menuliskan sebuah nama yang sama dengan nama orang yang kita cintai. Kita jadi rindu berat ingin bertemu, atau sekadar ingin berkomunikasi dengannya. BTW, ngerasain kayak gini nggak? Tapi anehnya, seringkali kita juga merasa harus jaim alias jaga imej. Pura-pura jual mahal ketika berkomunikasi atau kebetulan bertemu dengan orang yang kita cintai. Meski rasa ingin mencurahkan perasaan itu begitu kuat menekan. Lucu juga memang. Itu artinya, bahwa jatuh cinta memang unik. Tapi dengan catatan nih, biasanya jika yang jatuh cintanya itu masih malu-malu. Eh, umumnya memang malu-malu kan? Jarang yang agre, gitu deh. Meski ketika jaman sudah berubah kayak sekarang, banyak pula yang agre (baca: agresif) untuk ngungkapin cintanya. Ya, seperti pada reality show, “Katakan Cinta” itu. Sobat muda muslim, ketika jatuh cinta, kita jadi merasa lembut. Baik lisan kita atau saat kita menulis. Kita mulai belajar mengatur pilihan kata saat bicara. Terutama ketika bicara dengan si dia yang telah membuat kita jatuh hati. Itu kita lakukan biasanya untuk mendapat perhatiannya. Untuk memberikan imej bahwa kita baik di hadapannya. Ujungnya, bukan tak mungkin kalo akhirnya kita mendapat simpati darinya. Awalnya memang simpati, siapa tahu lama-kelamaan menumbuhkan empati dan akhirnya jatuh hati. Bukan tak mungkin kan? Karakter cinta Jatuh cinta membuat kita merasa harus menumbuhkan perhatian, merasa harus bertanggung jawab, merasa harus hormat di hadapan orang yang kita cintai, dan merasa harus mengetahui segala seluk-beluk tentang dirinya. Erich From, murid kesayangan Sigmund Freud pernah menyampaikan bahwa dalam cinta itu harus ada empat unsur yang perlu dimiliki, yakni: Pertama, Care (perhatian). Cinta harus melahirkan perhatian pada objek yang dicintai. Kalau kita mencintai diri sendiri, maka kita akan memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri. Kalau kita mencintai orang lain, maka kita akan memperhatikan kesulitan yang dihadapi orang tersebut dan akan berusaha meringankan bebannya. Termasuk jika kita jatuh cinta dengan mencintai lawan jenis kita, maka segala bentuk perhatian akan kita tunjukkin sama si dia. Kita jadi sering menulis namanya, menyebutkan namanya, mungkin diam-diam mengoleksi fotonya. Apalagi dengan berkembangnya teknologi informasi kita bisa mengintip diary online (blog) dirinya yang mungkin saja memajang foto dirinya. Diam-diam kita menjadi secret admirer-nya. Minimal itu. Karena tujuan mulianya adalah mendapat perhatiannya sebagai seorang kekasih. Kedua, Responsibility (tanggung jawab). Cinta harus melahirkan sikap bertanggungjawab terhadap objek yang dicintai. Orangtua yang mencintai anaknya, akan bertanggung jawab akan kesejahteraan material, spiritual dan masa depan anaknya. Suami yang mencintai istrinya, akan bertanggung jawab akan kesejahteraan dan kebahagiaan rumah tangganya. Seorang jejaka atau gadis yang saling jatuh cinta, ia akan berusaha untuk memposisikan bahwa mereka bertanggung jawab terhadap hubungannya. Menjaganya dan merawatnya jangan sampai kebablasan. Mereka yang ngerti ajaran Islam, maka jatuh cinta itu bukan untuk melakukan perbuatan yang dibenci oleh Sang Pemilik Cinta, yakni Allah Swt. Ia akan menjaga pandangannya, perasaan, hatinya, dan juga aktivitasnya agar tak kebablasan. Tapi, cinta bukan lagi tanggung jawab jika sepasang remaja yang dilanda cinta itu mengekspresikannya dengan cara yang membuat mereka dibenci Allah Swt, seperti seks bebas misalnya. Ketiga, Respect (hormat). Cinta harus melahirkan sikap menerima apa adanya objek yang dicintai, kelebihannya kita syukuri, kekurangannya kita terima dan perbaiki. Tidak bersikap sewenang-wenang dan selalu berikhtiar agar tidak mengecewakannya. Inilah yang disebut respect. Itu sebabnya, seringkali kita mendengar cerita ada orang yang saling jatuh cinta itu meski berbeda etnis, berbeda bahasa, berbeda budaya, bahkan ada yang sampe cinta buta, yakni berbeda agama. Itu karena merasa bahwa cinta akan melahirkan sikap menerima apa adanya. Wah, jika tak ada filter akidah memang akhirnya akan hancur. But, ini kita bicara secara umumnya lho. Bahwa cinta akan melahirkan respect kepada obyek yang kita cintai. Betul nggak? Keempat, Knowledge (pengetahuan). Cinta harus melahirkan minat untuk memahami seluk beluk objek yang dicintai. Kalau kita mencintai seorang wanita atau pria untuk dijadikan isteri atau suami, maka kita harus berusaha memahami kepribadian, latar belakang keluarga, minat, dan ketaatan beragamanya. Nggak asal jatuh cinta juga. Eh, kalo kita bicara secara umum pun, sebenarnya ketika jatuh cinta kita bakalan nyari tahu dari obyek yang kita cintai. Nah, tentu standar yang diinginkan dalam pencarian itu tergantung kepribadian orang yang bersangkutan. Ada yang merasa agama tak perlu menjadi pertimbangan, tapi ada pula yang merasa bahwa agama harus menjadi pertimbangan saat jatuh cinta. Kepada siapa kita harus mencintai. Begitu kan? But, intinya secara umum, cinta memang akan melahirkan rasa ingin tahu untuk menyelidiki si dia yang kita cintai, yang telah membuat kita jatuh hati dan jatuh cinta kepadanya. Setuju? Tetap iffah selama jatuh cinta Menurut Hamka, “Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan penghargaan, menguatkan hati dalam perjuangan, menempuh onak dan duri penghidupan.” Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyah, ada persoalan besar yang harus diperhatikan oleh orang yang cerdas, yaitu bahwa puncak kesempurnaan, kenikmatan, kesenangan, dan kebahagiaan yang ada dalam hati dan ruh tergantung pada dua hal. Pertama, karena kesempurnaan dan keindahan sesuatu yang dicintai, dalam hal ini hanya ada Allah, karenanya hanya Allah yang paling utama dicintai. Kedua, puncak kesempurnaan cinta itu sendiri, artinya derajat cinta itu yang mencapai puncak kesempurnaan dan kesungguhan. (dalam kitab al-Jawabul Kafi Liman Saala’ Anid Dawaaisy-syafi, edisi terjemah. hlm. 255) Lebih lanjut Ibnu Qayyim menjelaskan, “Semua orang yang berakal sehat menyadari bahwa kenikmatan dan kelezatan yang diperoleh dari sesuatu yang dicintai, bergantung kepada kekuatan dorongan cintanya. Jika dorongan cintanya sangat kuat, kenikmatan yang diperoleh ketika mendapatkan yang dicintainya tersebut lebih sempurna.” Mungkin kayak kita lagi haus nih, udah gitu di siang hari dengan terik matahari yang menyengat, maka kita akan semakin haus dan semakin ingin mencari air untuk memenuhi rasa haus kita. Nah, begitu dapetin air, maka nikmatnya bener-bener terasa. Tanya kenapa? (Yee.. jadi malah ngikutin iklan?) Sobat muda muslim, kita sering mendengar bahwa jatuh cinta dan akhirnya mencintai orang yang kita cintai adalah sebagai anugerah terindah. Mungkin ada benarnya juga. Meski menurut saya itu terlalu didramatisir. Sebab, urusan cinta ini sangat kompleks, sobat. Tidak seperti hitungan matematika yang serba pasti. Tapi yang jelas dan yang paling utama, cinta bagi kita sebagai Muslim, harus sesuai sudut pandang Islam. Bukan yang lain. Guys, setiap perbuatan yang kita lakuin tuh pasti sesuai dengan cara pandang kita terhadap perbuatan tersebut. Lebih luas lagi cara pandang kita tentang hidup. Kalo kita memandang hidup tuh sekadar tumbuh, berkembang, lalu sampai titik tertentu mati (dan nggak ada kehidupan akhirat), maka perbuatan kita pun bakalan ngikutin apa yang kita pahami tentang kehidupan tersebut. Kita bisa bebas berbuat apa saja sesuai keinginan kita, karena kita merasa bahwa hidup cuma di dunia. Kehidupan setelah dunia kita anggap nggak ada. Artinya, kita jadi nggak kenal ada istilah pahala dan dosa. Sebaliknya, bagi kita yang meyakini bahwa kita berasal dari Allah Swt. yang menciptakan kita semua, maka hidup di dunia juga adalah untuk ibadah kepadaNya, dan setelah kematian kita akan hidup di alam akhirat sesuai dengan amalan yang kita lakukan di dunia. Kalo banyak amal baik yang kita lakukan, insya Allah balasannya pahala dan di tempatkan di surga. Sebaliknya, kalo lebih banyak atau selama hidup kita maksiat dan nggak sempat bertobat, jelas dosa dan kita ditempatkan di akhirat di tempat yang buruk, yakni neraka. Naudzubillahi min dzalik. Nah, dengan sudut pandang terhadap kehidupan yang benar, maka ketika berbuat apapun kita akan menyesuaikan dengan cara pandang kita tentang kehidupan yang benar itu. Termasuk ketika kita jatuh cinta. Jangan mentang-mentang jatuh cinta, lalu mengekspresikan cinta seenak hawa nafsu kita. Nggak dong, Brur. Nggak asal seneng ngeliat enak dipandang mata lalu main tubruk. Nggak banget. Tapi intinya sih, kita bakalan berpikir gimana seharusnya menurut aturan Islam. Bukan berpikir sebagaimana adanya kehidupan yang saat ini dilakoni. Tolong dicatet ye. Ini penting dan perlu. Sebab, kalo yang berpikirnya “sebagaimana adanya kehidupan”, ya akan berpikir bebas nilai. Misalnya ketika manusia itu dianggap berhak melakukan apa saja dalam kehidupan yagn ada sekarang, yakni Kapitalisme-Sekularisme, maka tentu akan berbuat apa saja sesukanya (berzina, minum khamr, konsumsi narkoba, judi, pacaran dsb). Karena merasa mereka berhak ngelakuin hal tersebut. Nggak terikat aturan yang benar. Bahaya besar, Bro! Sementara yang berpikirnya “sebagaimana seharusnya”, maka ia akan nyocokkin dengan aturan yang benar. Karena menganggap kehidupan yang ada ini harus sesuai aturan yang benar, gitu lho. Dan Islamlah yang benar. Bukan yang lain. Itu sebabnya, ketika jatuh cinta pun kita harus tetap iffah alias menjaga kehormatan dan kesucian diri. Ibnu Abbas berkata bahwa orang yang jatuh cinta tidak akan masuk surga kecuali ia bersabar dan bersikap iffah karena Allah dan menyimpan cintanya karena Allah. Dan, ini tidak akan terjadi kecuali bila ia mampu menahan perasaannya kepada ma’syuq-nya (kepada orang yang dicintainya), mengutamakan cinta kepada Allah, takut kepadaNya, dan ridha denganNya. Orang seperti ini yang paling berhak mendapat derajat yang disebutkan oleh Allah Swt. dalam al-Quran: “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya).” (QS an-Naazi’aat [79]: 40-41) Kita boleh dan wajar-wajar aja untuk jatuh cinta. Tapi, tetap harus menjaga kehormatan dan kesucian diri. Yakni dengan cara tetap menjadikan Allah dan RasulNya sebagai pemandu hidup kita. Kita melakukan perbuatan atas dasar petunjuk dari Allah lewat al-Quran dan petunjuk dari Rasulullah saw. berupa as-Sunnah. Inilah pedoman hidup kita. Oke? [solihin: sholihin@gmx.net]

sumber :

STUDIA Edisi 327/Tahun ke-8 (5 Februari 2007)

http://www.dudung.net/index.php?naon=depan&action=detail&id=939&cat=4

Read Full Post »

Older Posts »